Fashion, pintu

Desain Pintu Berdasarkan Bentuk dan Gaya

Desain Pintu Berdasarkan Bentuk dan Gaya

1. Klasik / Tradisional

Gaya desain pintu satu ini adalah salah satu gaya desain pintu paling populer. Bentukan pintu jenis ini umumnya terdiri dari panel persegi dengan kombinasi yang variatif. Terkadang dikombinasikan dengan kaca. Kebanyakan pintu dengan desain seperti ini menggunakan material kayu.

Desain klasik seperti ini cocok untuk gaya hunian apa saja, terutama klasik. Namun, tidak terlalu cocok untuk kamu yang ingin bukaan pintu yang besar.

2. Pintu Ukir

Pintu ukir yang biasanya merupakan pekerjaan pengrajin ini merupakan pilihan tepat untuk menghadirkan kesan etnik pada hunian. Biasanya desain pintu seperti lebih cocok digunakan untuk villa atau resor karena kesan natural yang bisa diciptakannya.

Untuk memberikan tampilan yang maksimal, kombinasikan kehadiran pintu ukir ini dengan perabot rumah tangga ukir ataupun furnitur berbahan natural lainnya. Meski bisa memberikan kesan mewah, pintu ukir memerlukan waktu cukup lama untuk pengerjaannya dan tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada pintu pada umumnya.

3. Pintu Modern Minimalis

Bersih, tidak banyak detail, dan menggunakan banyak elemen garis adalah sedikit ciri dari pintu modern minimalis. Soal material, desain pintu satu ini bisa menyesuaikan dengan berbagai material, mulai dari papan kayu, alumunium, hingga PVC.

Gaya seperti ini cocok dikombinasikan dengan berbagai perabotan modern untuk hunian dengan gaya minimalis hingga modern. Tapi, untuk kamu yang menginginkan rumah dengan kesan elegan dan mewah, pintu ini mungkin bukan pilihan yang tepat.

4. Pintu Rustic

Desain pintu satu ini terinspirasi dari era awal perkembangan arsitektur. Dengan banyak elemen kayu yang menonjol juga metal, desain pintu ini sangat selaras untuk menghidupkan gaya industrial ataupun old fashioned pada hunian kamu. Apalagi jika hunian memang banyak menggunakan perabot industrial ataupun old fashioned interior.

Selain sulit dicari, pengerjaan desain pintu rustic biasanya lebih sulit dan memakan waktu cukup lama karena memiliki banyak detail dan komponen pelengkap. Namun, tentu usaha ini nggak akan sia-sia karena desain pintu seperti ini akan membuat hunian tampil beda dan menonjol.

5. Pintu Lengkung

Pintu lengkung sebenarnya masuk dalam kategori desain pintu klasik/tradisional. Kebanyakan desain pintu seperti ini menggunakan material kayu, tapi nggak jarang kini orang-orang mulai memproduksinya dengan alumunium untuk mempermudah pengerjaannya.

Selain kesan klasik, desain pintu melengkung seperti ini juga bisa membuat kesan manis dan lembut pada hunian. Namun, kebanyakan pintu lengkung merupakan desain custom-made, yang artinya diperlukan waktu dan biaya lebih untuk mewujudkannya.

6. Pintu Screen

Pintu screen merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan desain hunian yang terbuka. Meskipun begitu, desain pintu seperti ini biasanya tidak digunakan sebagai pintu utama.Terkadang pintu screen juga masih ditambah lagi dengan pintu rumah lain yang lebih tertutup sehingga kamu tetap bisa mendapatkan privasi pada saat-saat tertentu.

Karena terbuka, pintu screen bisa membuat pencahayaan dan sirkulasi udara jadi lebih baik. Pintu ini cocok untuk digunakan juga pada ruang-ruang yang bersifat publik namun minim bukaan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *